Langsung ke konten utama

TEMPAT BERSEJARAH DI SEKITAR MASJID NABAWI



Cuaca di Madinah sangat bersahabat, kekhawatiran pancaroba yang mengganggu kesehatan para jamaah tidak terjadi. Pagi itu para jamaah umroh trip 23 Rihaal telah bersemangat untuk menapaktilasi tempat – tempat bersejarah diseputar masjid Nabawi.

Di depan Silver Mubarak Hotel, para jamaah sudah bersiap dengan headsetnya masing – masing. Ust Sumardi sebagai guide selama di Madinah memakai APS/Alat Penerima Suara berupa radio receiver dan transmitter bagi para jamaah, tinggal setting frekwensi 94,4 jamaah dengan mudah mendengar apa yang disampaikan oleh guide dari kejauhan. Mantap abis nih travel umroh Rihaal, mempermudah bagi jamaah dalam menerima informasi he..he..

Setelah semua berkumpul, dimulailah penjelajahan napak tilas tempat bersejarah disekitar masjid Nabawi.

MASJID IMAM BUKHARI
Berangkat dari Silver Mubarak Hotel berjalan kaki menyeberang jalan belok ke kiri langsung ketemu masjid Imam Bukhari, dinamakan masjid Imam Bukhari karena diyakini disitulah dulunya Imam Bukhari tinggal ketika menetap di Madinah. Dari masjid Imam Bukhari lanjut ke perluasan masjid Nabawi, hingga kami dikenalkan nama – nama pintu masjid Nabawi yang begitu banyaknya.

dok pribadi di pelataran pintu 21 Masjid Nabawi
41 PINTU MASJID NABAWI
Untuk mengenal nama – nama  pintu Masjid Nabawi, maka kita lebih dahulu harus mengenal empat sisi, dari masjid Nabawi, yaitu dari sisi bagian utara, sisi bagian timur, sisi bagian selatan, dan sisi bagian barat. Untuk memudahkan jika kita berada dimasjid Nabawi, ambil patokan yang paling mudah kita kenal diantaranya, kubah hijau, atau perkuburan Baqi. Kubah hijau terletak di sisi bagian selatan Masjid Nabawi, dan menghadap kearah kiblat atau kakbah, sedangkan perkuburan Baqi, terletak disisi bagian timur.

Ada 41 nama dan nomor pintu masuk mengelilingi masjid Nabawi. Nomor dan Nama pintu Masuk Masjid Nabawi di sisi bagian selatan, yaitu As-Salam Gate merupakan pintu utama, menghadap ke barat. Abu Bakar Siddiq Gate, pintu nomor 2 menghadap ke barat. Al-Rahma Gate, pintu nomor 3 menghadap ke barat. Al-Hijrah Gate, pintu nomor 4 menghadap ke selatan. Quba Gate, pintu nomor 5 menghadap ke selatan. Al-Baqi Gate, pintu nomor 41 menghadap ke timur atau perkuburan Baqi. Jibri Gate, pintu nomor 40 menghadap ke timur atau perkuburan Baqi. Al-Nisaa Gate, pintu nomor 39 menghadap ke timur atau perkuburan Baqi. Bilal Gate, pintu nomor 38 menghadap ke timur atau perkuburan Baqi. Makkah Gate, pintu nomor 37 menghadap ke selatan. Pintu bagi roda , pintu nomor 36 menghadap ke timur

Sedangkan nomor dan nama pintu Masuk Masjid Nabawi di sisi bagian Barat, ada King Saud Gate, terdapat tiga buah pintu masuk dengan nomor 7, 8. dan 9 semuanya menghadap ke barat. Al-Aqiq Gate, terdapat dua buah pintu masuk dengan 10,. dan 11 semuanya menghadap ke barat. Sultan Abdul Mahmud gate, terdapat tiga buah pintu masuk dengan nomor 12, 13. dan 14 semuanya menghadap ke barat

Sedangkan nomor dan nama pintu Masuk Masjid Nabawi di sisi bagian Utara ada Umar Bin Khattab Gate, terdapat tiga buah pintu masuk dengan nomor 16, 17. dan 18 semuanya menghadap ke utara. Badar gate, pintu masuk dengan nomor 19 menghadap ke utara. King Fahd Gate, terdapat tiga buah pintu masuk dengan nomor 20, 21. dan 22, semuanya menghadap ke utara. Uhud gate, pintu masuk dengan nomor 23 menghadap ke utara. Usman Bin Affan Gate, terdapat tiga buah pintu masuk dengan nomor 24, 25. dan 26, semuanya menghadap ke utara.

Sedangakan nomor dan nama pintu Masuk Masjid Nabawi di sisi bagian Timur ada Ali Bin AbiTalib Gate, terdapat tiga buah pintu masuk dengan nomor 28, 29. dan 30 semuanya menghadap ke Timu. Abu Dhar Al-Ghifari Gate, terdapat dua buah pintu masuk dengan nomor 31,dan 32 semuanya menghadap ke Timur. King Abdul Aziz Gate, terdapat tiga buah pintu masuk dengan nomor 33, 34. dan 35 semuanya menghadap ke Timur.

pintu gerbang makam baqi yang dipadati para peziarah dari berbagai negara
MAKAM BAQI
Usai mengelilingi masjid Nabawi, jamaah menuju Makam Baqi yang terletak di bagian timur Masjid Nabawi, pemakaman yang memiliki luas 174.962 meter persegi itu selalu disesaki pengunjung. Di makam Baqi ini tersimpan para jasad sahabat dan sejumlah keluarga Rasulullah, diantaranya As'ad bin Zararah, Utsman bin Mazun, Abdurrahman bin Auf, dan Sa'ad bin Abi Waqqas. Sedangkan dari keluarga Rasulullah di antaranya Aisyah, Fatimah Az Zahra, Ruqayyah, Zainab, dan Ummi Kultsum.

dok pribadi kajian dhuha dipelataran masjid Nabawi
KAJIAN DHUHA
Dari Makam Baqi jamaah rehat dipelataran masjid Nabawi untuk mengikuti kajian Dhuha. Sambil lesehan para jamaah khusu’ mendengarkan tausiah ust Ivan Sopian tentang keutamaan Masjid Nabawi.

dok pribadi di masjid Ghomamah
MASJID GHOMAMAH
Usai kajian Dhuha lanjut napak tilas ke Masjid Ghomamah. Lokasi masjid Ghomamah terletak sekitar 300 meter dari Masjid Nabawi. Di Masjid inilah Rasulullah mendirikan shalat Idul Fitri atau Idul Adha. Kata Al-Ghamamah artinya adalah awan / mendung. Menurut sejumlah riwayat, di tempat inilah Rasulullah mendirikan shalat Istisqa’, yakni shalat yang didirikan untuk minta hujan kepada Allah. Permintaan Rasulullah itu langsung dikabulkan Allah, begitu Rasulullah selesai berdoa, awan – awan / mendung / ghomamah datang, lalu turunlah hujan lebat yang membawa rahmat.

dok pribadi di masjid Abu Bakar Shiddiq
MASJID ABU BAKAR SHIDDIQ
Dari Masjid Ghomamah lanjut ke Masjid Abu Bakar Shiddiq yang berada di sebuah jalan lebar yang berdekatan dengan Masjid Ghomamah. Masjid ini merupakan salah satu tempat yang pernah digunakan untuk shalat ‘Id oleh Rasulullah dan Abu Bakar Shiddiq, kemudian nama masjid ini pun dinisbahkan kepadanya. Masjid Abu Bakar Shiddiq dibangun pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz. Dan disamping masjid Abu Bakar Shiddiq yang berjarak 200 meteran ada masjid Ali bin Abi Thalib yang juga dibangun oleh pemerintahan Umar bin Abdul Azis sebagai penghormatan karena tempat tersebut pernah dipakai sholat Rasulullah dan Ali bin Abi Thalib

MUSEUM AL QUR’AN
Dari masjid Abu Bakar Shiddiq, jamaah melanjutkan napak tilasnya ke Museum Al-Quran yang keberadaannya tidak jauh dari Masjid Nabawi, tepatnya berada didepan masjid. Museum yang menempati gedung berwarna cokelat ini, dibuka pada jam 06.00 - 12.00, kemusian pukul 16.00 - 22.00 waktu setempat atau tepatnya pada jam-jam setelah shalat fardu.

Museum ini dibuka untuk umum, gratis dan mudah dijangkau karena guidenya beragam disesuaikan dengan asal negara pengunjung. Alhamdulillah, jamaah umroh Rihaal ketika bertandang ke museum ini, pengelola langsung membuka pita pembatas kami dan mempersilahkan kami masuk ke ruangan yang full AC ini. Saat berada di ruang pertama, kami mendapat sambutan hangat dari guide asli dari Indonesia. Waktu saya bertanya pada ust Sumardi, bahwa guide – guide tersebut adalah orang – orang pilihan dari berbagai Negara yang bisa berbagai macam bahasa. Dari penjelasan guide tersebut bahwasanya Museum Al-Quran ini setiap hari dikunjungi lebih 10 ribu orang.

Museum yang disain khusus ini, mengambarkan bagaimana Al-Quran dibuat pada jaman dahulu kala termasuk Al-Quran buah karya warga Afganistan yang dikabarkan berusia ratusan tahun dan beratnya lebih 150 Kg. Ada Al Qur’an yang ditulis dengan tenun, ada Almari raksasa Al Qur’an serta Al Qur’an cetakan dari masa kemasa. Masya Allah..

dok pribadi di  museum Al -Qur'an di Madinah
Saking asyiknya di Museum Al Qur’an tak terasa waktu terus berlalu, jam menunjukkan pukul 11.00, saatnya bergegas mnuju masjid Nabawi untuk menunaikan sholat Dzuhur berjamaah. 

Bersambung .....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASANG BARU PDAM GRESIK, GAMPANG DAN CEPAT

Air merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan bagi manusia, karena merupakan kebutuhan primer. Air untuk minum, mandi, cuci dan seabrek kebutuhan lain yang tak bisa dilepaskan dari air. dok pribadi Kantor Pusat PDAM Giri Tirta Gresik Saya akan berbagi pengalaman tentang cara daftar baru sebagai pelanggan PDAM. Kebetulan saya tinggal di wilayah Gresik maka sayapun datangi PDAM Giri Tirta Gresik yang berada di jalan Permata No. 7 Graha Bunder Asri Gresik Pertama – tama sebelum datang ke kantor PDAM, siapkan dahulu persyaratannya: 1.        Foto Copy KTP 2.        Foto Copy KK 3.        Foto Copy PBB 4.        Foto Copy SHM / AJB 5.        Foto Copy PLN 6.        Foto Copy Tagihan PDAM milik tetangga 7.        Surat Pengantar dari RT setempat Brosur Pasang Baru PDAM Giri Tirta Gresik Dari ke-7 persyaratan tersebut saya bawa ke kantor PDAM Giri Tirta Gresik pada hari jumat 5 Juli 2019. Saya temui Customer Service (CS), kedatangan saya ditanya k

CONTOH SURAT GUGATAN CERAI (UNTUK ISTRI)

Assalamu'alaikum wrwb Sobat, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat surat gugatan cerai ke Pengadilan Agama. Seperti biasa sebelum ke materi pokok pembuatan surat gugatan saya kasih mukadimah dulu.  Sobat, seringkali isteri yang ingin menggugat cerai suaminya ke Pengadilan Agama menemui kendala dalam membuat surat gugatan perceraian, sehingga terkadang  mengeluarkan biaya yang lumayan demi meminta bantuan hukum untuk membuatkan surat gugatan cerai tersebut. perceraian adalah perkara halal, tetapi dibenci Allah Swt. Walaupun demikian, ketika rumah tangga sudah tidak dapat dipertahankan lagi dan keduabelah pihak takut tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami isteri sehingga perceraian adalah jalan terbaik. pada tulisan ini, saya akan memberikan contoh format surat permohonan atau gugatan cerai dari seorang isteri kepada suaminya  yang ditujukan ke Ketua Pengadilan Agama. Hal : Cerai Gugat    Surabaya, ...................          

SYAIKH HASAN ASY SYADZILY, TOKOH SUFI YANG KAYA RAYA

Quthbul Muhaqqiqin Sulthonil Auliya’is Sayyidinasy Syekh Abul Hasan Ali asy-Syadzily  lahir Ghumarah, Maroko, tahun 593H/1197 M. Beliau wafat di Humaitsara, Mesir, tahun 656 H/1258 M. Beliau merupakan Pendiri Tarekat Syadziliyah yang merupakan salah satu tarekat sufi terkemuka di dunia. Beliau dipercayai oleh para pengikutnya sebagai salah seorang keturunan Nabi Muhammad saw. yang lahir di desa Ghumarah, dekat kota Sabtah, daerah Maghreb (sekarang termasuk wilayah Maroko, Afrika Utara) pada tahun 593 H/1197 M. Berikut ini nasab Abu Hasan Asy-Syadzili : Abul Hasan, bin Abdullah Abdul Jabbar, bin Tamim, bin Hurmuz, bin Hatim, bin Qushay, bin Yusuf, bin Yusya’, bin Ward, bin Baththal, bin Ahmad, bin Muhammad, bin Isa, bin Muhammad, bin Hasan, bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah binti Rasulullah saw.  Syekh Abul Hasan asy-Syadzali meninggal dunia di Iskadariyah pada tahun 656 H. Pada awal masa kecilnya beliau sudah dibekali oleh orang tuanya dasar-dasar agama yang kuat

TELADAN SULTAN HAMENGKUBUWONO IX DAN POLISI

Saya senang dengan pelajaran sejarah, karena dari sejarahlah kita bisa belajar tentang makna keteladanan, dimana keteladanan saat ini sudah menjadi barang yang langka. Kita bisa belajar dari teladan seorang Polisi dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.   Suatu pagi di tahun 1969, saat itu sebuah mobil sedan buatan tahun 50 melintasi perempatan Soko, Pekalongan. Di dalam mobil sedan tersebut ada Sultan Hamengku Buwono IX yang tengah dalam perjalanan menuju ke Tegal. Rupanya Raja Jogja itu melakukan pelanggaran menerobos lampu lalu lintas, kemudian seorang polantas menghentikan mobil Sultan Hamengku Buwono IX. Polantas tersebut bernama Royadin dengan pangkat Brigadir kemudian menanyakan pada pengemudi mobil sedan tersebut. "Selamat pagi. Bisa lihat rebuweesnya (saat ini bernama SIM)?" tanya Brigadir Royadin. Pengemudi lantas membuka kaca mobilnya. "Ada apa pak polisi?" ucap Sopir Ngarso Dalem tenang.   Mengetahui siapa yang ada di balik kemudi, Royadin gemetar. Adalah ha

HARI PERTAMA DI MASJID NABAWI

Rabu 24 April 2019 tepat pukul 19.45 kami tiba di Silver Mubarok Hotel, sebuah hotel bintang 3 yang memiliki 123 kamar ini berada di pusat kota Madinah yang berjarak 400 meter dari Masjid Nabawi, tinggal lurus jalan kaki langsung ke pintu 25 Masjid Nabawi . Sesampainya di hotel seluruh jamaah umroh Rihaal dipersilahkan menikmati dinner di floor M di Lt 2, perut yang keroncongan melihat menu makanan yang disajikan khas nusantara siap untuk disantap, tak lupa doa makan pun dilantunkan “Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma bariklana fimarozaqtana waqina adzabannar” ROOM 806 Para jamaah yang asyik menikmati santap malam, sedangkan Tour Leader ust Ivan dan mbak Novi sibuk mondar mandir bagikan kunci room pada jamaah, sesuai list yang dikirim di WA Group, saya kebagian room no 806 bersama mas Bahrodin dari Klaten, pak Marzuki dari Palembang, dan mas Hendri dari Jogja. Usai dapatkan kunci, saya bersama mas Bahrodin dan mas Hendri pun berbegas menuju room 806, wow tipe room qu