Langsung ke konten utama

STORY PARA JUARA


Para juara selalu dikenang sepanjang masa karena ukiran prestasinya yang membanggakan kedua orangtua dan mengharumkan nama bangsa. Pencak Silat yang merupakan warisan budaya asli bangsa Indonesia yang mendapat pengakuan UNESCO banyak mengorbitkan para Atlet Pencak Silat yang berprestasi dikancah nasional maupun internasional. Sebut saja Puspa Arum Sari peraih emas Sea Games 2019 di Filipina, Syarif Hidayatullah pesilat dari Madura peraih emas World Pencak Silat Championship 2022 di Malaysia, Hanifan Yudani Kusumah peraih emas Asian Games 2018, dan Wewew Wita peraih medali emas pada kejuaraan dunia Belgia Open tahun 2019. Para juara tersebut memiliki story/cerita perjalanan hidup yang tidak mudah hingga mereka mencapai puncak karir seperti saat ini.

Bagaimana dengan para juara Pencak Silat Pagar Nusa Putatlor yang barusan mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Pagar Nusa se Jawa Timur yang bertajuk Qomaruddin Cup II yang digelar di GOR Tiga Putra Sport Center Bungah Gresik 11-12 Juli 2023. Berikut story 3 Atlet Pagar Nusa Putatlor.

 

1. MOCHAMMAD RIZKI JALALUDDIN


Rizki panggilan akrabnya. Siswa kelas 6 MI Raudhatul Muta’alimin Putatlor ini mengikuti latihan pencak silat sejak Desember 2022 di Pagar Nusa Putatlor. Kedua orangtuanya pak Hariyanto dan ibu Nur Chamida sangat mendukung saat Rizki mengutarakan keinginannya untuk ikut latihan pencak silat.

Berkat aktif ikut latihan dan materi serta teknik silat dikuasainya, Rizki pun ikut tes Ujian Kenaikan Tingkat / UKT pada tanggal 5 Maret 2023 dan lulus menyandang badge putih.

Saat ada pengumuman adanya kejuaraan Porprop dan Qomaruddin Cup, Rizki mengikuti seleksi internal di Pagar Nusa Putatlor pada 25 Juni 2023 dan lolos seleksi bersama 7 pesilat lainnya yaitu Ferdy, Nabil, Elfan, Fitri, Yuni, Faza dan Niko. Kedelapan pesilat Pagar Nusa Putatlor pun mengikuti Training Center / TC di Basecamp Pagar Nusa Pelemwatu di gedung MWC NU Menganti, dari 8 pesilat lulus 3 pesilat yaitu Rizki, Fitri dan Elfan, ketiganya pun melanjutkan TC 9 Juli 2023 di Pakal Fighter Surabaya dan dibimbing langsung oleh kang Muhammad Mukhit.

Untuk mempersiapkan diri untuk ikut kejuaraan, apa yang disarankan pelatihpun ia ikuti. Rizki berusaha tidur jam 21.00 dan bangun pagi, menghindari makanan yang pedas, gorengan, dan minum air es, padahal air es adalah kesukaannya. 

Senin 11 Juli 2023 di GOR Tiga Putra Sport Center, Rizki diturunkan pada kelas G Usia Dini Putra mengingat usianya masih 12 tahun. Saat di semi final Rizki mampu mengalahkan Muhammad Faiqul Fayyadh dari Pagar Nusa Nurul Hikmah Wonorejo, dan di partai final Rizki mampu menumbangkan perlawanan Muhammad Syafik Ilham Saputra dari MI Thoriqotul Ahfiya’, Rizki pun mendapatkan medali juara 1.

 

2. FITRI RACHMAWATI

Fitri Rachmawati adalah putrid pertama bapak Sabar dan ibu Sri Murti. Fitri ikut latihan Pagar Nusa Putatlor sejak Desember 2022 / baru 7 bulan. Aktif ikut latihan, Fitri pun ikut UKT kenaikan badge putih pada 5 Maret 2023.


Saat diumumkan bahwa Fitri lolos seleksi Atlet untuk diikutkan kejuaraan Qomaruddin Cup, siswi kelas 1 SMPN 5 Gresik ini semangat berlatih, liburan sekolah setiap bakda subuh ia gunakan untuk lari pagi menjaga tubuh agar tetap fit. Saran dari pelatih agar mengkonsumsi vitamin dan menghindari makanan yang pedas-pedas, gorengan yang berlemak dan menghindari minum es, bahkan disuruh untuk makan telur bebek  mentah pun ia lakukan.

Pada kejuaraan Qomari Cup, Fitri diturunkan pada kelas C Pra Remaja Putri. Saat di semi final Fitri mampu mengalahkan pesilat Salsabila Azzamzami dari SMPN 26 Gresik, dan di partai final dengan pertandingan yang sangat sengit, akhirnya Fitri bisa mengalahkan Mar’atus Sholichah dari PPTQ Al Munawaroh, Fitri pun dengan senyum meraih medali juara 1

3. ELFAN AGUNG RAHMATULLAH

Pertama kali Elfan ikut latihan pencak silat tanpa sepengetahuan kedua orangtuanya, ia takut jika terus terang ikut latihan silat akan dilarang oleh mamanya, karena dikhawatirkan cidera dan tawuran antar perguruan silat. Saat berangkat latihan Elfan hanya pamitan pada mamanya jika ia kan main ketempat temannya. Kedua orangtuanya baru tahu jika Elfan ikut pencak silat saat mamanya menjumpai baju seragam Pagar Nusa di jemuran pakaian, saat itulah Elfan baru bercerita jika ia ikut latihan silat Pagar Nusa di Putatlor dan mengutarakan biatnya ingin jadi Atlet silat. Mendengar keinginan Elfan yang begitu kuat, pak Erik Arfianto dan ibu Siti Rodiyah pun mengijinkan Elfan untuk mengikuti latihan silat dan mensupportnya dengan doa dan semangat.

Sebulan ikut latihan pencak silat Pagar Nusa Putatlor tak membuat Elfan minder untuk mengikuti seleksi Atlet. Dan hal tersebut terbukti, saat seleksi di internal Pagar Nusa Putatlor, Elfan masuk dalam 8 pesilat yang terseleksi untuk ikut TC di basecamp Pagar Nusa Pelemwatu dan TC di basecamp Pakal Fighter Surabaya. Karena belum punya seragam, saat TC Elfan dipinjami seragam oleh Ferdy.


Pada Kejuaraan Qoaruddin Cup, Elfan diturunkan pada kelas G Remaja Putra, pada pertandingan semi final Elfan melawan Yoga Avanza pesilat dari Padepokan Senggoro Macan. Pada semi final tersebut terjadi insiden jari kaki Elfan sobek dan patah, meskipun begitu Elfan mampu meraih juara 3 di kelas G Remaja Putra.

Elfan yang juga siswa SMP Al Azhar ini mengaku tidak trauma atas musibah yang ia alami saat kejuaraan silat, ia pun bangkit dan ingin terus berprestasi didunia silat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASANG BARU PDAM GRESIK, GAMPANG DAN CEPAT

Air merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan bagi manusia, karena merupakan kebutuhan primer. Air untuk minum, mandi, cuci dan seabrek kebutuhan lain yang tak bisa dilepaskan dari air. dok pribadi Kantor Pusat PDAM Giri Tirta Gresik Saya akan berbagi pengalaman tentang cara daftar baru sebagai pelanggan PDAM. Kebetulan saya tinggal di wilayah Gresik maka sayapun datangi PDAM Giri Tirta Gresik yang berada di jalan Permata No. 7 Graha Bunder Asri Gresik Pertama – tama sebelum datang ke kantor PDAM, siapkan dahulu persyaratannya: 1.        Foto Copy KTP 2.        Foto Copy KK 3.        Foto Copy PBB 4.        Foto Copy SHM / AJB 5.        Foto Copy PLN 6.        Foto Copy Tagihan PDAM milik tetangga 7.        Surat Pengantar dari RT setempat Brosur Pasang Baru PDAM Giri Tirta Gresik Dari ke-7 persyaratan tersebut saya bawa ke kantor PDAM Giri Tirta Gresik pada hari jumat 5 Juli 2019. Saya temui Customer Service (CS), kedatangan saya ditanya k

CONTOH SURAT GUGATAN CERAI (UNTUK ISTRI)

Assalamu'alaikum wrwb Sobat, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat surat gugatan cerai ke Pengadilan Agama. Seperti biasa sebelum ke materi pokok pembuatan surat gugatan saya kasih mukadimah dulu.  Sobat, seringkali isteri yang ingin menggugat cerai suaminya ke Pengadilan Agama menemui kendala dalam membuat surat gugatan perceraian, sehingga terkadang  mengeluarkan biaya yang lumayan demi meminta bantuan hukum untuk membuatkan surat gugatan cerai tersebut. perceraian adalah perkara halal, tetapi dibenci Allah Swt. Walaupun demikian, ketika rumah tangga sudah tidak dapat dipertahankan lagi dan keduabelah pihak takut tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami isteri sehingga perceraian adalah jalan terbaik. pada tulisan ini, saya akan memberikan contoh format surat permohonan atau gugatan cerai dari seorang isteri kepada suaminya  yang ditujukan ke Ketua Pengadilan Agama. Hal : Cerai Gugat    Surabaya, ...................          

SYAIKH HASAN ASY SYADZILY, TOKOH SUFI YANG KAYA RAYA

Quthbul Muhaqqiqin Sulthonil Auliya’is Sayyidinasy Syekh Abul Hasan Ali asy-Syadzily  lahir Ghumarah, Maroko, tahun 593H/1197 M. Beliau wafat di Humaitsara, Mesir, tahun 656 H/1258 M. Beliau merupakan Pendiri Tarekat Syadziliyah yang merupakan salah satu tarekat sufi terkemuka di dunia. Beliau dipercayai oleh para pengikutnya sebagai salah seorang keturunan Nabi Muhammad saw. yang lahir di desa Ghumarah, dekat kota Sabtah, daerah Maghreb (sekarang termasuk wilayah Maroko, Afrika Utara) pada tahun 593 H/1197 M. Berikut ini nasab Abu Hasan Asy-Syadzili : Abul Hasan, bin Abdullah Abdul Jabbar, bin Tamim, bin Hurmuz, bin Hatim, bin Qushay, bin Yusuf, bin Yusya’, bin Ward, bin Baththal, bin Ahmad, bin Muhammad, bin Isa, bin Muhammad, bin Hasan, bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah binti Rasulullah saw.  Syekh Abul Hasan asy-Syadzali meninggal dunia di Iskadariyah pada tahun 656 H. Pada awal masa kecilnya beliau sudah dibekali oleh orang tuanya dasar-dasar agama yang kuat

TELADAN SULTAN HAMENGKUBUWONO IX DAN POLISI

Saya senang dengan pelajaran sejarah, karena dari sejarahlah kita bisa belajar tentang makna keteladanan, dimana keteladanan saat ini sudah menjadi barang yang langka. Kita bisa belajar dari teladan seorang Polisi dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.   Suatu pagi di tahun 1969, saat itu sebuah mobil sedan buatan tahun 50 melintasi perempatan Soko, Pekalongan. Di dalam mobil sedan tersebut ada Sultan Hamengku Buwono IX yang tengah dalam perjalanan menuju ke Tegal. Rupanya Raja Jogja itu melakukan pelanggaran menerobos lampu lalu lintas, kemudian seorang polantas menghentikan mobil Sultan Hamengku Buwono IX. Polantas tersebut bernama Royadin dengan pangkat Brigadir kemudian menanyakan pada pengemudi mobil sedan tersebut. "Selamat pagi. Bisa lihat rebuweesnya (saat ini bernama SIM)?" tanya Brigadir Royadin. Pengemudi lantas membuka kaca mobilnya. "Ada apa pak polisi?" ucap Sopir Ngarso Dalem tenang.   Mengetahui siapa yang ada di balik kemudi, Royadin gemetar. Adalah ha

HARI PERTAMA DI MASJID NABAWI

Rabu 24 April 2019 tepat pukul 19.45 kami tiba di Silver Mubarok Hotel, sebuah hotel bintang 3 yang memiliki 123 kamar ini berada di pusat kota Madinah yang berjarak 400 meter dari Masjid Nabawi, tinggal lurus jalan kaki langsung ke pintu 25 Masjid Nabawi . Sesampainya di hotel seluruh jamaah umroh Rihaal dipersilahkan menikmati dinner di floor M di Lt 2, perut yang keroncongan melihat menu makanan yang disajikan khas nusantara siap untuk disantap, tak lupa doa makan pun dilantunkan “Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma bariklana fimarozaqtana waqina adzabannar” ROOM 806 Para jamaah yang asyik menikmati santap malam, sedangkan Tour Leader ust Ivan dan mbak Novi sibuk mondar mandir bagikan kunci room pada jamaah, sesuai list yang dikirim di WA Group, saya kebagian room no 806 bersama mas Bahrodin dari Klaten, pak Marzuki dari Palembang, dan mas Hendri dari Jogja. Usai dapatkan kunci, saya bersama mas Bahrodin dan mas Hendri pun berbegas menuju room 806, wow tipe room qu