Langsung ke konten utama

RIHLAH RAMADHAN

Masjid Syaikh Zayed Solo

Saat anak-anak masih kecil masih banyak waktu untuk berkumpul bersama. Namun, saat anak-anak menginjak remaja dan sekolahnya diluar kota dengan jadwal sekolah yang berbeda, jadi hampir sulit untuk bisa berkumpul bersama saat musim liburan. Yang kerap kita jumpai, anak yang satu sudah libur sekolahnya, sedangkan anak satunya lagi belum libur sekolahnya, jadi momen bisa berkumpul dengan keluarga bisa dikatakan agak sulit. Itu pula yang sedang kami alami, harus pandai-pandai menyiasati agar bisa berkumpul bersama saat libur sekolah tiba.

Alhamdulillah ada momen libur puasa yang lumayan panjang dari pondoknya anak kedua, satu bulan penuh libur. Sedangkan kakaknya juga dapat liburan 2 pekan, momen tersebut kami manfaatkan untuk mengisi liburan dengan Rihlah Ramadhan ke Solo dan Yogyakarta yakni tujuan utama ke Masjid Syaikh Zayed Solo dan ke Masjid Jogokariyan Yogyakarta.

bukber di Masjid Syaikh Zayed

Kamis 13 April 2023 waktu Dhuha kami berangkat dari Gresik menuju Sragen, tujuan silaturrahim ke rumah bu lek (adiknya almarhum ibu), lanjut silaturrahim kerumah adik kandung yang tinggal di Karanganyar. Jelang Maghrib kami menuju ke Masjid Syaikh Zayed dan ikut Buka Bersama dilanjut Sholat Maghrib berjamaah. Di Masjid Syaikh Zayed ini disediakan 6000 paket takjil dan buka puasa bersama. Bagi yang I’tikaf diberi waktu hingga jam 02.00 dan masjid ditutup, dan masjid baru dibuka kembali saat Shalat Subuh.

Kamipun cari penginapan untuk beristirahat di Hotel Zaed Syariah dipusat kota. Saat mau beli makan sahur justru dapat sahur gratis, kata pemilik warung bahwa ini jumat berkah, jadi setiap jumat siapa saja yang sahur di warung tersebut gratis, Alhamdulillah.

belajar musik jawa di Taman Pintar

Jum’at 14 April 2023, bakda Sholat Subuh kami check out hotel dan melanjutkan perjalanan menuju Sleman, tujuan pertama silaturrahim kerumah teman. Dari Sleman melanjutkan perjalanan menuju Malioboro Yogyakarta dan memarkir kendaraan di tempat parkir Abu Bakar Ali.


Sepanjang jalan Malioboro kami jalan kaki hingga Taman Pintar. HTM Taman Pintar Rp.20.000/orang. Karena hari Jumat dan bulan Puasa pengunjung sepi, jadi kita manfaatin untuk menikmati semua wahana yang ada hingga jelang shalat Jumat kami keluar dari Taman Pintar untuk menunaikan shalat Jumat di Masjid Izzul Ilmi yang letaknya satu komplek dengan tempat wisata Taman Pintar.

Keraton Yogyakarta

Usai Shalat Jumat, jalan kaki lagi menuju titik nol kilometer Yogyakarta, swafoto sebentar dan lanjut menuju Keraton Yogyakarta. HTM Keraton Yogyakarta Rp. 15.000/orang. Dirasa cukup menikmati suasana keraton, kami pun melanjutkan jalan kaki menuju Taman Sari. HTM Taman Sari 15.000/orang. 

Waktu menjelang Asar, kamipun meninggalkan Taman Sari menuju parkiran Abu Bakar Ali naik becak dengan tarif Rp.30.000/becak dengan jarak 4,3 km, berarti tak terasa kami berjalan kaki sejauh 4,3 km he..he..

Dari parkiran Abu Bakar Ali kamu menuju Hotel Urban Al Ashri untuk beristrahat. Bakda Ashar kami menuju masjid Jogokariyan yang berjarak 400 meter. Sepanjang jalan menuju masjid Jogokariyan di kanan kiri jalan penuh sesak dengan para pedagang dan pembeli jelang buka puasa bersama. Kami pun merangsek maju kearah masjid dan bergabung dengan jamaah lainnya untuk buka bersama dan sholat Maghrib berjamaah. Kami ikuti pengajian jelang berbuka dan mendapat jatah buka bersama. Suara sirine terdengar dari Masjid Jogokaryan, itulah pertanda sudah waktu Maghrib, adzan Maghrib pun berkumandang, kamipun berbuka puasa bersama.

Masjid Jogokaryan

Usai buka bersama, sholat Maghrib berjamaah yang diatur 3-4 gelombang mengingat kapasitas masjid yang tidak muat menampung ribuan jamaah. Bagi yang ingin iktikaf masjid Jogokaryan dibuka full 24 jam. Untuk makan sahurnya takmir masjid Jogokariyan memberikan subsidi Rp.10.000/jamaah berupa kupon untuk beli makan sahur. Di sekitaran masjid banyak pedagang UMKM binaan masjid Jogokariyan, bagi yang ingin sahur tinggal pilih menu sesuka hati, jika harganya Rp. 15.000/porsi, maka kita tinggal tukarkan kupon subsidi Rp.10.000 dan nambahi bayar sendiri Rp.5.000, jadi ringan di kantong he..he.. Alhamdulillah

Sabtu, 15 April 2023, waktu dhuha kamipun check out hotel untuk balik ke kampung halaman Gresik via tol Karanganyar dengan jarak 309 KM ditempuh 4,3 jam perjalanan.

Alasan kami Rihlah di bulan Ramadhan

1.      Mumpung semua anak ngumpul libur Ramadhan

2.      Bepergian di bulan Ramadhan lebih hemat karena berpuasa

3.      Menikmati kebersamaan saat buka bersama dengan banyak orang

4.      Menikmati kebersamaan saat ibadah di bulan Ramadhan

5.      Memanfaatkan momen diskon hotel

6.      Memanfaatkan momen sepinya tempat wisata, jadi lebih puas menikmati semua wahana yang ada

7.      Memanfaatkan lengangnya lalu lintas dibulan Ramadhan yang mempercepat perjalanan

8.      Saat lebaran bisa fokus silaturrahim ke orangtua sanak saudara dan sudah tidak mikir soal rihlah/liburan

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PASANG BARU PDAM GRESIK, GAMPANG DAN CEPAT

Air merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan bagi manusia, karena merupakan kebutuhan primer. Air untuk minum, mandi, cuci dan seabrek kebutuhan lain yang tak bisa dilepaskan dari air. dok pribadi Kantor Pusat PDAM Giri Tirta Gresik Saya akan berbagi pengalaman tentang cara daftar baru sebagai pelanggan PDAM. Kebetulan saya tinggal di wilayah Gresik maka sayapun datangi PDAM Giri Tirta Gresik yang berada di jalan Permata No. 7 Graha Bunder Asri Gresik Pertama – tama sebelum datang ke kantor PDAM, siapkan dahulu persyaratannya: 1.        Foto Copy KTP 2.        Foto Copy KK 3.        Foto Copy PBB 4.        Foto Copy SHM / AJB 5.        Foto Copy PLN 6.        Foto Copy Tagihan PDAM milik tetangga 7.        Surat Pengantar dari RT setempat Brosur Pasang Baru PDAM Giri Tirta Gresik Dari ke-7 persyaratan tersebut saya bawa ke kantor PDAM Giri Tirta Gresik pada hari jumat 5 Juli 2019. Saya temui Customer Service (CS), kedatangan saya ditanya k

CONTOH SURAT GUGATAN CERAI (UNTUK ISTRI)

Assalamu'alaikum wrwb Sobat, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat surat gugatan cerai ke Pengadilan Agama. Seperti biasa sebelum ke materi pokok pembuatan surat gugatan saya kasih mukadimah dulu.  Sobat, seringkali isteri yang ingin menggugat cerai suaminya ke Pengadilan Agama menemui kendala dalam membuat surat gugatan perceraian, sehingga terkadang  mengeluarkan biaya yang lumayan demi meminta bantuan hukum untuk membuatkan surat gugatan cerai tersebut. perceraian adalah perkara halal, tetapi dibenci Allah Swt. Walaupun demikian, ketika rumah tangga sudah tidak dapat dipertahankan lagi dan keduabelah pihak takut tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai suami isteri sehingga perceraian adalah jalan terbaik. pada tulisan ini, saya akan memberikan contoh format surat permohonan atau gugatan cerai dari seorang isteri kepada suaminya  yang ditujukan ke Ketua Pengadilan Agama. Hal : Cerai Gugat    Surabaya, ...................          

SYAIKH HASAN ASY SYADZILY, TOKOH SUFI YANG KAYA RAYA

Quthbul Muhaqqiqin Sulthonil Auliya’is Sayyidinasy Syekh Abul Hasan Ali asy-Syadzily  lahir Ghumarah, Maroko, tahun 593H/1197 M. Beliau wafat di Humaitsara, Mesir, tahun 656 H/1258 M. Beliau merupakan Pendiri Tarekat Syadziliyah yang merupakan salah satu tarekat sufi terkemuka di dunia. Beliau dipercayai oleh para pengikutnya sebagai salah seorang keturunan Nabi Muhammad saw. yang lahir di desa Ghumarah, dekat kota Sabtah, daerah Maghreb (sekarang termasuk wilayah Maroko, Afrika Utara) pada tahun 593 H/1197 M. Berikut ini nasab Abu Hasan Asy-Syadzili : Abul Hasan, bin Abdullah Abdul Jabbar, bin Tamim, bin Hurmuz, bin Hatim, bin Qushay, bin Yusuf, bin Yusya’, bin Ward, bin Baththal, bin Ahmad, bin Muhammad, bin Isa, bin Muhammad, bin Hasan, bin Ali bin Abi Thalib suami Fatimah binti Rasulullah saw.  Syekh Abul Hasan asy-Syadzali meninggal dunia di Iskadariyah pada tahun 656 H. Pada awal masa kecilnya beliau sudah dibekali oleh orang tuanya dasar-dasar agama yang kuat

TELADAN SULTAN HAMENGKUBUWONO IX DAN POLISI

Saya senang dengan pelajaran sejarah, karena dari sejarahlah kita bisa belajar tentang makna keteladanan, dimana keteladanan saat ini sudah menjadi barang yang langka. Kita bisa belajar dari teladan seorang Polisi dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.   Suatu pagi di tahun 1969, saat itu sebuah mobil sedan buatan tahun 50 melintasi perempatan Soko, Pekalongan. Di dalam mobil sedan tersebut ada Sultan Hamengku Buwono IX yang tengah dalam perjalanan menuju ke Tegal. Rupanya Raja Jogja itu melakukan pelanggaran menerobos lampu lalu lintas, kemudian seorang polantas menghentikan mobil Sultan Hamengku Buwono IX. Polantas tersebut bernama Royadin dengan pangkat Brigadir kemudian menanyakan pada pengemudi mobil sedan tersebut. "Selamat pagi. Bisa lihat rebuweesnya (saat ini bernama SIM)?" tanya Brigadir Royadin. Pengemudi lantas membuka kaca mobilnya. "Ada apa pak polisi?" ucap Sopir Ngarso Dalem tenang.   Mengetahui siapa yang ada di balik kemudi, Royadin gemetar. Adalah ha

HARI PERTAMA DI MASJID NABAWI

Rabu 24 April 2019 tepat pukul 19.45 kami tiba di Silver Mubarok Hotel, sebuah hotel bintang 3 yang memiliki 123 kamar ini berada di pusat kota Madinah yang berjarak 400 meter dari Masjid Nabawi, tinggal lurus jalan kaki langsung ke pintu 25 Masjid Nabawi . Sesampainya di hotel seluruh jamaah umroh Rihaal dipersilahkan menikmati dinner di floor M di Lt 2, perut yang keroncongan melihat menu makanan yang disajikan khas nusantara siap untuk disantap, tak lupa doa makan pun dilantunkan “Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma bariklana fimarozaqtana waqina adzabannar” ROOM 806 Para jamaah yang asyik menikmati santap malam, sedangkan Tour Leader ust Ivan dan mbak Novi sibuk mondar mandir bagikan kunci room pada jamaah, sesuai list yang dikirim di WA Group, saya kebagian room no 806 bersama mas Bahrodin dari Klaten, pak Marzuki dari Palembang, dan mas Hendri dari Jogja. Usai dapatkan kunci, saya bersama mas Bahrodin dan mas Hendri pun berbegas menuju room 806, wow tipe room qu